13

admin

01 December 2020

No Comments

7 Tips Agar Kue Tidak Bantat Untuk Pemula

Proses membuat kue bukanlah sesuatu yang mudah, di perlukan cara dan teknik yang tepat. Jika bunda sudah melakukannya dengan yang tepat, maka kue yang dihasilkan akan mengembang dan tidak bantat.

Berikut ini kami akan membahas tips yang bisa bunda aplikasikan agar kue lembut dan mengembang. Yuk simak pembahasannya!

  1. Jangan gunakan telur yang dingin
    Telur yang bersuhu ruang mampu menjadi pengembang yang baik saat dikocok. Jika telur terlalu dingin, maka telur akan sulit untuk mengembang.
  2. Gunakan Emulsifier/SP/TBM berkualitas
    Usahakan bunda menggunakan Emulsifier/SP/TBM yang berkualitas untuk membantu adonan telur naik lebih cepat dan mengembang sempurna.
  3. Margarin jangan sampai mendidih
    Saat margarin dicairkan jangan sampai mendidih, cukup sampai leleh saja.
  4. Pastikan kondisi wadah dan alat
    Sebelum membuat kue, pastikan semua wadah dan alat yang digunakan benar-benar kering dan bersih dari bahan lain atau sisa minyak. Terutama jika wadah yang digunakan terbuat dari plastik. Karena, dapat menyebabkan adonan telur tidak naik dan mengembang, sehingga bolu menjadi bantat.
  5. Jangan mencampur bahan sembarangan
    Tuang dan aduk bahan secara perlahan. Saat mencampur margarin cair, pastikan adonan sudah benar-benar tercampur rata. Margarin cair yang tidak teraduk rata akan mengendap di dasar Loyang dan menyebabkan bolu bantat.
  6. Perhatikan cara mengocok
    Saat mengocok adonan telur dan gula yang masih cair, gunakan kecepatan tinggi. Pastikan adonan sudah benar-benar kental berjejak dan mengembang. Adonan yang masih cair perlu di mixer lebih lama, agar tidak bantat.
  7. Pastikan temperatur oven sesuai
    Panaskan oven terlebih dahulu sebelum adonan dimasukkan. Hal tersebut bertujuan agar adonan bisa langsung mengembang.

Bagaimana Bunda? Ternyata tips nya mudah banget kan? Yuk coba tipsnya jika ingin membuat kue dengan sempurna. Jangan lupa share tips diatas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *